Pages

Pilihan Teh untuk Atasi Gangguan Ringan pada Tubuh

Diposting oleh Unknown on Jumat, 23 November 2012

Dari ribuan jenis teh yang ada di dunia, masing-masing menawarkan manfaat yang berguna bagi tubuh. Bahkan teh herbal, yang merupakan ramuan dari akar, bunga, daun, biji, atau buah kering, juga menghasilkan minuman yang mampu meredakan berbagai gangguan kesehatan. Punya masalah ringan yang kerap Anda alami sehari-hari? Coba redakan dengan beberapa jenis teh ini.

Teh chamomile mengandung senyawa kimia yang 
disebut chrysin, yang mampu membuat tubuh lebih rileks. 
Jika perut Anda kembung
Buat teh peppermint. Peppermint akan merilekskan otot-otot yang menyebabkan perut kram, demikian menurut Peggy Kotsopoulos, pakar nutrisi dan host acara Peggy K's Kitchen Cures. Teh peppermint juga bisa membantu mengurangi gas dalam perut yang menyebabkan kembung, dan diare.

Jika Anda harus bangun pagi
Pilih teh yerba mate
. Yerba mate adalah tumbuhan asal Amerika Selatan yang lalu diproses menjadi teh hijau. "Jenis teh ini memiliki kandungan kafein paling tinggi di antara semua teh, bahkan bisa dibandingkan dengan secangkir kopi," ungkap Kotsopoulos. Yerba mate juga mengandung substansi yang menstimulasi sistem saraf, sehingga meningkatkan kewaspadaan dan memulihkan energi.

Jika tenggorokan Anda meradang
Minum teh akar manis (licorice). Tanaman akar manis ini sering dijadikan permen pedas pelega tenggorokan. "Akar manis bisa meredakan selaput lendir yang ada di tenggorokan," jelasnya. Selain itu, akar manis juga memiliki daya antiperadangan yang membantu mengurangi bengkak dan iritasi.

Jika Anda ingin rileks
Sesap teh chamomile
. Untuk menikmati teh chamomile, Anda tidak harus berkunjung ke kafe karena teh celup dengan varian chamomile banyak tersedia di supermarket. Chamomile sendiri mengandung senyawa kimia yang disebut chrysin, yang bekerja melemaskan otot-otot yang tegang. Dengan demikian, teh ini bisa membantu Anda untuk tidur secara alami. Minumlah 45 menit sebelum Anda berangkat tidur, atau kapan saja Anda ingin menenangkan diri.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar